Sabtu, 22 Desember 2012

Cara Membuat Kerupuk Nasi


seringkali nasi di rumah kita tersisa atau bahkan habis, itu tidak akan menjadi masalah jika punya peliharaan unggas karena bisa di berikan pada unggas (ayam dan sejenisnya). tapi bagaimana jika kita tidak memelihara unggas atau kita yang hidup di daerah perkotaan? naahhh,, disini saya akan memberikan solusi,, pembuatan KERUPUK NASI lah pilihan yang terbaik.. ini adalah cara pembuatan kerupuk nasi ..... semoga bermanfaat....

pembuatan kerupuk nasi

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung dan nasi. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sebelum dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.
Kerupuk bertekstur garing dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado.
Kerupuk nasi adalah jenis kerupuk yang paling umum dijumpai di Indonesia. Kerupuk berharga murah
Kerupuk biasanya dijual di dalam kemasan yang belum digoreng. Kerupuk nasi  biasanya dijual dalam bentuk sudah digoreng.

1.2  Tujuan
Untuk memanfaatkan limbah rumah tangga yaitu berupa nasi sisa ( yang  tidak habis di makanatau sudah tidak dipakai lagi); Untuk mengetahui cara pembuatan kerupuk dari nasi sisa.



BAB II
ALAT dan BAHAN
1.1  Alat
·         Baskom
·         Pisau
·         Panci perebus
·         Kukusan
·         Talenan
1.2  Bahan
·         Nasi yang sudah tidak di makan
·         Masako
·         Daun seladri
·         Tepung sagu
·         Bawang merah
·         Bawang putih






BAB III
CARA PEMBUATAN
o   Nasi sisa dicuci bersih
o   Kemudian dikukus
o   Masukan kedalm baskom dan hancurkan
o   Tambahkan sagu, bumbu, dan daun daunan
o   Aduk sampai rata
o   Bentuk gelondong bulat panjang
o   Siapkan panic perebus, beri sedikit minyak sayur dan plastic putih agar tidak lengket
o   Didihkan air + sedikit minyak sayur
o   Setelah mendidih, masukkah geondongan tadi sampai mengapung
o   Angkat dan tiriskan
o   Jumus 1 hari
o   Potong tipis-tipis
o   Jemur sampai kering
o   Goring
o   Siap dimakan




BAB IV
HASIL dan PEMBAHASAN

            Nasi yang sudah tidak dimakan lagi ternyata masih bisa dimanfaatkan, seperti yang kami lakukan, bisa dibuat menjadi kerupuk nasi.
Rasanya enak dan renyah. Bahan-bahannya pun lebih mudah dan ekonomis juga tanpa bahan pengawet. Home industri ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia.
            Kandungan gizi dalam kerupuk nasi ini sama dengan kandungan gizi dalam nasi. Karena kebanyakan bahan dari kerupuk nasi ini adalah dominan nasi. Bahan lainnya hanya sebagai penambah rasa dan pelengkap.
                                     



BAB V
KESIMPULAN

Limbah rumah tangga, yaitu nasi sisa bisa di manfaatkan dan di buat menjadi kerupuk yang memiliki rasa yang enak dan bernilai ekonomis. Pemanfaatan ini sangatlah bagus, karena selain dapat di buat menjadi kerupuk yang enak, juga dapat memanfaatkan limbah rumah tangga yang biasanya hanya di buang oleh kebanyakan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar